Teori Penunjang Short Message Service, Komponen SMS, GAMMU

Desain Grafis dan Percetakan
TEORI PENUNJANG

SHORT MESSAGE SERVICE (SMS)
Pemanfaatan media hanphone dalam kehidupan sehari – hari adalah sebagai alat komunikasi suara ataupun tertulis. Handphone yang digunakan sebagai alat komunikasi tertulis dikenal dengan Short Message Service (SMS).
Komponen SMS
  1. Short Messaging Entities (SME) SME adalah suatu piranti yang dapat menerima atau mengirim pesan pendek. SME dapat berada dalam jaringn FIXED, sebuah piranti bergerak, atau pusat layanan (Service Center) lainnya.
  2. Short Message Service Center (SMSC) SMSC adalah kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak yang bertanggungjawab memperkuat, menyimpan dan meneruskan pesan pendek antara SMS dan piranti bergerak.
  3. Mobile Switching Center (MSC) MSC melakukan fungsi penyaklaran system
  4. dan mengendalikan panggilan ke dan dari sistem telepon dan data yang lain. MSC akan mengirimkan pesan pendek ke pelanggan tertentu melalui base station yang sesuai.
  5. Base Station System (BSS) Semua fungsi yang terkait dengan transmisi sinyal radio elektromagnetis antara MSC dan piranti bergerak dilakukan di Base Station System.
  6. SMS Gateway Mobile Switching Center (SMS-GMSC) SMS-GMSC adalah sebuah aplikasi MSC yang mampu menerima pesan singkat dari SMSC, menginterogasi Home Location Register (HLR) untuk informasi Routing, dan mengirimkan pesan pendek tersebut ke MSC dan piranti bergerak yang dituju.
  7. Home Location Register (HLR) HLR adalah basis data yang digunakan untuk penyimpanan permanen, pengelolaan langganan, dan profil layanan.
  8. Visitor Location Register (VLR) VLR adalah basis data yang berisi informasi temporal mengenai pelanggan yang berasal dari suatu HLR yang roaming ke HLR lainnya.

GAMMU (MODUL SMS GATEWAY)
Gammu adalah sebuah modul atau proyek yang terdiri atas aplikasi, script, dan driver untuk mengatur berbagai macam fungsi pada telepon selular atau alat yang sejenis. Gammu adalah sebuah project yang telah stabil dan matang yang support dengan berbagai macam model telepon selular yang beredar di pasaran dan menyediakan fungsi – fungsi yang tidak tersedia pada proyek yang sama.
Gammu – SMSD
Gammu mempunyai kemampuan untuk mengirim dan menerima SMS dalam mode daemon (proses yang berjalan di background tanpa campur tangan user) yang dinamakan SMSD. Untuk menjalankannya kita harus mengatur konfigurasi sesuai dengan handphone yang dipakai pada konfigurasi file. Modul Gammu terdiri atas beberapa file termasuk file konfigurasi maupun file untuk database MySQL yang tersimpan dalam satu folder pada c:\>win32. Pada gambar berikut tampak isi daripada modul Gammu pada folder c:\>win32.

Berikut isi daripada file konfigurasi ”gammurc” yang digunakan untuk antar-muka gammu dengan handphone. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah port yang digunakan dan jenis koneksi berdasarkan handphone yang digunakan.

Berikut format untuk antar-muka dengan database MySQL pada file ”smsdrc” yang digunakan untuk konfigurasi daemon mode dan untuk koneksi daripada modul gammu dengan database SMSD. Dalam hal ini data harus sesuai dengan setting MySQL pada database SMSD. Secara default setting MySQL adalah seperti gambar 2.4 berikut, dan yang perlu diperhatikan adalah nama database harus sesuai dengan nama database yang digunakan. 

Baca Selanjutnya...


Teori Penunjang Short Message Service, Komponen SMS, GAMMU
TotalPing | Google Ping | Ping Blog Search | Add Url | Google Master | Bing Master | Site Value | Seo Jerman | Riset Keyword | Keyword Planner
.:[Close][Klik 2x]:.
 Kekuatan Berfikir Positif 
Bos Anda Tidak Akan Menjadikan Anda Kaya