Saturday, November 14, 2015

MYSQL

MYSQL
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multiuser, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL. 
Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, dimana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, dimana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael "Monty" Widenius. MySQL sangat populer dalam aplikasi web dan dapat berfungsi sebagai komponen basis data dalam LAMP. Popularitas sebagai aplikasi web dikarenakan kedekatannya dengan popularitas PHP, sehingga seringkali disebut sebagai Dynamic Duo.

Kelebihan dari data base MySQL
Dengan melihat pada karakteristik dari mysql maka mempunyai keuntungan sebagai berikut :
  1. Menghemat waktu proses pengisian data 
  2. Menghemat waktu proses pengabilan data 
  3. Proses pengambilan data lebih fleksibel 
  4. Data dapat diakses secara bersama oleh lebih dari satu pengguna pada waktu yang bersamaan. 
  5. Kemampuan akses data diberbagai tempat dengan menggunakan taranmisi elektrik. 
  6. Mudah digunakan perintah – perintah dan aturan – aturan pada MySQL maupun proses instalasinya relatif mudah digunakan. 
  7. Konektivitas dan keamanan. MySQL mendukung dan menerapkan sistem keamanan dan izin akses tingkat lanjut (advanced permissions and security system), termasuk dukungan pengamanan dengan cara pengacakan lapisan data (SSL transport layer encryption). 
  8. Fleksibilitas/portabilitas. MySQL mendukung perintah-perintah ANSI SQL 99 dan beberapa perintah basis data alternatif lainnya sehingga memudahkan untuk beralih dari dan ke MySQL, 
  9. Lintas platform sistem operasi. MySQL dapat dijalankan pada beberapa sistem operasi yang berbeda seperti Linux, Microsoft Windows, FreeBSD, Sun
Solaris, IBM’s AIX, Mac OS X, HP- UX, AIX, QNX, Novell NetWare, SCO Open Unix, SGI Irix, dan Dec OSF.

Selain kelebihan diatas adapun kelebiban MySQL dalam teknik pengaksesan data maupun pengolahan server. Diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Local Client : MySQL sebagai sebuah server database juga dapat berfungsi sebagai client yang dijalankan pada computer local dimana MySQL berjalan. 
  2. Remote Client : Sebagai sebuah database server MySQL dapat diakses memlalui komputer jaringan dengan cara remote. Pada proses remote ini anda bisa menggunakan program client yang berjalan pada aplikasi Unix seperti SSH atau Telnet sedangkan pada Window seperti Putty, Telnet, pfstp atau yang lain. Hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah login pada sistem komputer server. 
  3. Remote Login : MySQL dapat diakses dengan menggunakan program MySQL yang berada pada computer lain, sehingga computer tersebut berfungsi sebagai client. 
  4. Web Browser : Dengan menggunakan fungsi – fungsi API yang ada pada MySQL, maka database dapat diakses menggunakan program yang dibuat dengan sebuah program berbasis service site yang berjalan dibawah web browser 
  5. Scripting Language : MySQL juga dapat memalui program Aplikasi client yang kita ciptakan sendiri dengan menggunakan Pemrograman visual maupun nonvisual yang berjalan pada jaringan. Untuk program client – client yang berbasis GUI, anda dapat menggunakan MySQL manager.
PHP dan Sms Gateway,  Baca Selanjutnya...