Cara Memasang hreflang Website

Menggunakan  hreflang untuk bahasa dan url regional adalah untuk menyajikan bahasa dan URL regional yang benar dalam hasil Penelusuran.
Google menggunakan:
rel="alternate" hreflang="x"
Fungsi untuk melayani pengguna dari seluruh dunia dengan konten yang diterjemahkan atau ditujukan bagi pengguna di wilayah tertentu.

pembahasan saya dalam posting ini adalah cara memasang rel="alternate" hreflang="x", X di sini menjelaskan untuk kode bahasa dan untuk memahami semua kode bahasa negara bisa di lihat di: Sini untuk lebih lengkap.
atau ini dia beberapa kode bahasa untuk negaranya yang bisa untuk di gunakan :

de: konten bahasa Jerman, semua daerah
en-GB: Konten bahasa Inggris, untuk pengguna di Inggris
de-ES: Konten bahasa Jerman, untuk pengguna di Spanyol
be: Bahasa Belarusia, semua daerah (bukan Perancis Belgia)
nl-be: Bahasa Belanda untuk Belgia
fr-be: Bahasa Perancis untuk Belgia
zh-Hant: Aks. China (Tradisional)
zh-Hans: Aks. China (Sederhana)

Itulah beberapa kode bahasa yang berlaku untuk di gunakan.

Masuk ke pembahasan cara pemasangan untuk blogger

    Seperti lainnya juga yaitu Login.
    Pilih template kemudian edit html.
    Tempelkan kode yang di bawah ini setelah title pada template atau di atas b:skin


<link rel="alternate" expr:href="data:blog.url+&quot;?en-ca& quot;" hreflang="en-ca" />
<link rel="alternate" expr:href="data:blog.url+&quot;?en-au& quot;" hreflang="en-au" />

<link rel="alternate" expr:href="data:blog.url+&quot;?en& quot;" hreflang="en" />


Jika kalian ingin menambahkan bahasa lain tinggal tambahkan lagi dan gantikan kode bahasanya saja.
Untuk alat pilih bahasa/negara atau beranda pengalihan otomatis, perlu juga menambahkan anotasi untuk nilai hreflang "x-default" ini dia kodenya:

<link rel="alternate" expr:href="data:blog.url" hreflang="x-default" />

Untuk pengecekan apakah sudah bekerja dengan benar yang kalian pasang bisa di cek melalui yang Ini kemudian gantikan dengan url blog atau web kalian W3C.
maka akan tampil seperti yang di bawah ini atau bisa kalian lihat hasil saat pengecekan di W3C.

Cara Menentukan Target Negara pengunjung web/blog  


Menentukan Pengunjung berdasarkan target negara untuk web/blog sebenarnya gampang-gampang susah, untuk apa juga menentukan target dari negara mana pengunjung utama web kita.

Sebagai gambaran saja, Google sudah lama memetakan Search engine_nya berdasarkan ID Negara, tentu kita sudah sama-sama tahu jika google untuk indonesia yakni : www.google.co.id
Begitu juga dengan negara-negara lain maka google search_nya berdasarkan ID negara tersebut, inilah maksud kita menentukan target negara utama pengunjung web/blog kita

Bagi blog-blog biasa terutama blog-blog berbahasa indonesia tentu kita tidak perlu susah-susah menentukan target dari mana pengunjung blog kita, tapi akan lebih baik dimata Search engine terutama google jika blog kita secara khusus menargetkan pengunjung utama blog dari indonesia.

Kenapa demikian?
Karena blog yang tidak pernah disetting khusus terutama yang berbahasa indonesia, agak susah ( bukan tidak bisa ) bersaing di google.co.id dengan blog-blog lain yang sudah di setting .

Mungkin anda akan berpendapat
" Kebanyakan pengunjung mencari sesuatu biasanya lewat google.com"

Pernahkan sobat amati ketika mengetikan alamat google.com di URL browser? dan seketika itu alamat nya otomatis berubah menjadi google.co.id (ini disebut redirect/pengalihan) dari google.com ke domain google sesuai negara, untuk indonesia akan dialihkan menjadi google.co.id

Baiklah agar lebih percaya kita bandingkan hasil pencarian google.com dan google.co.id dengan kata kunci CARA

Berikut hasil pencarian di google.co.id dengan kata kunci CARA

Berbeda bukan hasil pencariannya?
Google.co.id lebih spesific hasil pencarianya ke kata-kata di dalam bahasa indonesia sebagai target utama, meskipun mengindeks beberapa istilah yang berkaitan secara global. sedangkan google.com mengindeks secara internasional atau global tidak dibatasi oleh pencarian kata tertentu di dalam negara.

Akan lain ceritanya juga jika web/blog sudah berbau Bisnis dan ingin memasarkan sebuah produk ke Manca negara, tentu target ini sangatlah penting.

Sebagai contoh saya punya produk kerajinan tangan dan ingin memasarkannya ke luar negeri, tentu saya harus mensetting web saya agar pengunjungnya sesuai dari keinginan dan nanti di mesin pencari terutama google, produk yang ditawarkan web saya bisa masuk halaman satu.

Untuk itu kita harus menentukan dulu 5 besar negara target untuk market web kita.
Contoh saya ingin menjual kerajinan tangan ke Pasar Amerika, cananda, italia, belanda, inggris

Sebentar, sekilas akan ada pertanyaan dalam benak sobat
" Apa bisa web saya diindeks negara-negara bukan target ".
Jawabannya Ya bisa tapi bersaingnya sedikit susah ( bukan berarti tidak bisa ).

Pertanyaan lagi
" Bagaimana jika webnya ditargetkan secara Global?"
Oke bisa dan bagus, Tapi apa kemampuan SEO kita sudah Oke?, Apa produk yang kita pasarkan tidak ada pesaing?

Jika pesaing banyak, tentu kita harus memanfaatkan celah yakni salah satu cara dengan menargetkan sebuah negara.

Oke Lanjut
Anggap target pembeli utama kita dari Amerika

Maka cara menentukan targetnya sebagai berikut :

SYARAT UTAMA :
Web anda sudah terdaftar dan terverifikasi di google webmaster, Jika belum daftar silahkan sobat baca disini:  Cara Daftar Verifikasi Blog di Google Webmaster

#Pertama

Silahkan menuju google webmaster
Setelah masuk silahkan klik web/blog yang akan di setting
Pada sebelah kanan anda Ada icon Gear silahkan di Klik SETELAN SITUS
Cara Menentukan Target Negara pengunjung web/blog

Maka selanjut akan muncul  Target Geografis, silahkan centang kotaknya, maka akan muncul pilihan Negara, silahkan pilih negara Tujuan Utama

Cara Menentukan Target Negara pengunjung web/blog

Terakhir Klik simpan

Note : Jika ingin disetting secara Global, maka kita tidak perlu melakukan Hal diatas

#Kedua
Jika tujuan 4 atau 5 negara

Khusus Blogspot (Maaf untu CMS lain akan kami jelaskan pada Artikel berikutnya )

Silahkan masuk DASBOARD >> TEMPLATE >> EDIT >>

Silahkan letakkan Meta berikut dibawah <head> atau berjejer dengan kode-kode Meta yang sudah ada

<meta name="geo.region" content="US" />
<meta name="geo.position" content="37.09024;-95.712891" />

Ganti id dengan ID negara tujuan dan Ganti Geo Position

Contoh target 5 negara  " USA, CANADA, INGGRIS ,ITALY, FRANCE
Maka kita buat 5 Meta

<meta name="geo.region" content="US" />
<meta name="geo.position" content="37.09024;-95.712891" />



<meta name="geo.region" content="CA" />

<meta name="geo.position" content="56.130366;-106.346771" />



<meta name="geo.region" content="GB" />

<meta name="geo.position" content="56.130366;-106.346771" />



<meta name="geo.region" content="IT" />

<meta name="geo.position" content="56.130366;-106.346771" />



<meta name="geo.region" content="FR" />

<meta name="geo.position" content="56.130366;-106.346771" />

Lihat yang Anda Cari disini

List of Content 

  1. Memasang Tombol Sosial Media
  2. Cara Menampilkan Judul sebelum Judul Blog
  3. Membuat Readmore Otomatis di Blogger
  4. Panduan Mendirikan Web Bisnis dengan Toko Online
  5. Cara Membuat Blog Gratis dengan menggunakan 1 Akun Google
  6. Cara Membuat Account Google
  7. Cara Membuat Menu Bar di Blogspot
  8. Cara Membuat Menu Bar di Blogspot
  9. Bahan Baku Membuat Toko Online
  10. Membuat Text atau Gambar Berjalan di Blog
  11. Membuat Sitemap Blogger
  12. Cara Mengetahui Top Keyword Hari ini
  13. Cara Mengatur Jarak Antar Widget Sidebar Blogger
  14. Utak Atik Template Bloger Mengganti Menu Navbar
  15. Membuat Deskripsi dan Keyword SEO Friendly
  16. Memasang Aplikasi atau plugin chatting
  17. Mengganti Powered by Blogger dengan suka-suka
  18. 10 Trik Penjualan Online
  19. Awali Kalimat dengan Kata-kata Sensasional
  20. Kumpulkan Pembaca Anda
  21. Janjikan Manfaat Pada Target Anda
  22. Ajukan Pertanyaan yang Menggoda
  23. Gunakan Kesaksian atau Tesmonial
  24. Berikan Bukti Nyata atau Rill
  25. Tampilkan Tawaran Anda dengan Jelas
  26. Berikan Batasan Waktu
  27. Buatlah Segalanya Menjadi Mudah
  28. Cantumkan Nama Jelas Kita dan Nomor yang Bisa Dihubungi
  29. Pentingnya Mengkaji Ulang Kesalahan Dalam SEO
  30. SISTEM INFORMASI HOTEL BERBASIS PHP DAN SMS GATEWAY
  31. Latar Belakang, Rumusan Masalah, Batasan Masalah dan Tujuan
  32. Teori Penunjang Short Message Service, Komponen SMS, GAMMU
  33. Pemograman PHP
  34. MYSQL
  35. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM
  36. SUBSISTEM SMS GATEWAY
  37. Membuat Aplikasi PHP untuk Pelayanan Hotel Online
  38. Cerita Orang Sukses Bermain Web
  39. Mencari Trik Seo yang Jitu
  40. Lanjutan Pengenalan Tentang Blogger
  41. Cara Posting Blogger dengan File PDF
  42. Mengatur Tag H1, H2, H3, H4, H5 dan H6
  43. Membuat Meta Description dan Keyword Blog
  44. Optimasi SEO On Page 
  45. Panduan Membuat Blog Gratis Blogspot Lengkap & Tuntas 
  46. Cara Memasukan Artikel atau Entri Baru
  47. Panduan Membuat Blog Secara Gratis
  48. NOBS Sosial Media Marketing Dunia
  49. Membuat Formulir Pendaftaran, Google Doc, Cara Memendekan URL yang Panjang
  50. Cara Membuat Blog dengan Buat Accout Google

Postingan populer dari blog ini

Membuat Formulir Pendaftaran, Google Doc, Cara Memendekan URL yang Panjang

Panduan Membuat Blog Secara Gratis

Cara Membuat Postingan Tidak Bisa Dicopy (Non Copy)