Wednesday, September 28, 2016

Pengertian Blog | Blogger Profesional | Tips Menulis Konten Blog | Membangun Blog Penghasil Uang

Blogger Profesional

Blog adalah suatu web yang bersifat lebih pribadi, lebih informal, dan terns di-update setiap waktu, dengan postingan terbaru selalu berada di bagian teratas. Blog adalah suatu jenis kegiatan di internet yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan. Blog sangat ampuh sebagai ajang aktualisasi diri, bersosialisasi di dunia maya, mempromosikan suatu bisnis Anda sampai meng-hasilkan uang. Bahkan tidak sedikit Blogger yang meninggalkan pekerjaan intinya dan menjadi blogger full-timer karena keyakinan blog telah terbukti menghasilkan uang yang lebih besar dari gaji mereka sendiri.

Tentunya istilah blogging for money bukan istilah asing lagi di telinga kita. Bahkan hal yang hampir bisa dilakukan oleh semua orang adalah bisnis jenis ini. Bagi Anda yang ingin Ngeblog untuk dapat uang, Anda harus memahami analogi berikut ini: ibaratkan sebuah blog itu adalah sebuah kuda dan program-program penghasil uang yang ada di blog Anda adalah kereta yang akan ditarik oleh kuda tersebut.

Pertama, kita akan membahas kudanya terlebih dahulu. Blog yang baru, diibaratkan sebagai kuda yang baru lahir, ia butuh perawatan yang kontinu. Syarat suatu blog dikatakan kuat (atau kuda dikatakan sudah dewasa dan bisa menarik kereta) adalah bila ia mempunyai postingan yang berkualitas, di-update secara kontinu, mempunyai posisi yang bagus di search engine (page rangenya bagus), banyak pengunjung (follower dan orang yang mengikuti feed-nya), banyak orang yang memberi komentar dan kalau bisa telah menemukan niche ataupun brandingnya.

Ketika blog itu kuat, dengan sendirinya ia akan bisa menjadikan program penghasil uang yang ditempel di blog tersebut berjalan dan menghasilkan pendapatan bagi Anda. Analogi tersebut perlu ditekankan (terutama bagi pemula) supaya kita semua tidak terburu-buru dalam memonetisasi blog. Usahakan blog Anda kuat terlebih dahulu, baru diberi ‘kereta’ Moneytizing. Pema-haman terhadap proses inipun akan membuat kita tidak mudah berhenti bila dalam waktu satu bulan atau 6 bulan setelah ngeblog, tidak mendapatkan apa-apa. Mungkin blog kita masih ‘kecil” sehingga belum bisa menarik kereta Moneytizing yang kita pasangkan dengannya.

Kesalahan terbesar dari blogger for money pemula adalah terlalu bernafsu untuk menghasilkan uang dalam waktu yang singkat. Setelah baru saja membuka blog, ia langsung mem-posting se-banyak mungkin artikel, memasang sebanyak mungkin program penghasil uang setelah itu hanya duduk menunggu penghasilan datang. Blogging bukan seperti itu. Jika Anda membayangkan blogging seperti itu, maka salah besar.
Blogging adalah suatu pekerjaan yang terus-menerus, namun tidak terikat waktu. Seorang blogger profesional yang sudah mempunyai ribuan pengunjung setiap harinya masih harus meluangkan waktunya 3 sampai 5 jam sehari untuk kegiatan di blognya. Baik itu mengisi postingan, menanggapi komentar pengunjung sampai mengecek pendapatan program-program yang diikutinya. Namun, tentu saja itu dilakukan dengan sukacita karena menurut mereka blogging itu memiliki kenikmatan tersendiri.

Blogger pemula haruslah memahami siklus suatu blog sebelum terkenal. Di masa awalnya seorang blogger harus menjadi single fighter terlebih dahulu. Tentu pada awalnya semua blog yang terkenal sekarang dulunya tidak terkenal. Penulis blog hanya duduk sendiri dan memulai postingannya dengan suatu harapan, nantinya blognya akan ramai dikunjungi. Satu postingan, dua postingan mungkin belum akan mendatangkan pengunjung. Setelah beberapa postingan ia mulai berinteraksi dengan tetangga-tetangganya sesama blogger, (terutama yang sudah banyak pengunjung), di sana ia meninggalkan link blognya dengan harapan nanti akan ada yang jalan-jalan ke blognya. Tidak lupa ia melakukan teknik-teknik SEO sederhana dengan harapan postingan blognya akan terindeks oleh search engine dan akan menambah trafik ke blognya.
Sejalan dengan itu ia terus membuat postingan yang berkualitas, ramah, penuh humor, dan santai. Masalah yang sangat dibutuh-kan oleh orang lain selalu dijadikannya bahan utama dalam postingannya. 1 bulan, 2 bulan sampai 3 bulan pun berlalu ia tetap konsisten mem-posting artikel minimal 1 kali sehari, menanggapi komentar pengunjung dan melakukan beberapa teknik-teknik SEO. Hasilnya pengunjung blognya semakin me-ningkat, mulai dari 10 orang per hari, 30 orang hingga pada bulan ketiga ia sudah memperoleh 500 kunjungan per hari. Setelah 3 bulan berlalu barulah terpikir olehnya untuk me-monetisasi blognya dan tentu saja hasilnya dapat Anda bayang-kan. Pendapatannya langsung melonjak dan terns naik. Cerita di atas hanyalah sebuah ilustrasi sederhana bagaimana perjalanan seorang blogger terkenal memulai kariemya. Namun, bagi pemula siklus ini haruslah dipahami agar tidak frustasi, apalagi bagi mereka yang sangat money oriented. Baru seminggu ngeblog sudah mengeluh, ”Wah kok earning say a tidak ada ya? Udahan ah ngeblognya ngabisin waktu saja...nggak dapet apa-apa" Tentunya pembaca buku ini tidak ada yang berkata demikian karena kita sudah tahu bahwa blog itu adalah proses dan memang harus dinikmati.

Trafik
Dalam menjadikan suatu blog sebagai sumber uang tentunya harus ada trafik (pengunjung) yang datang ke blog Anda. Meskipun Anda mengikuti semua program di buku ini, jika tidak ada trafik ke blog Anda, tentu hasilnya adalah Nol. Jadi, inti masalah kita adalah bagaimana mendatangkan trafik yang sebanyak mungkin ke blog.

Ada banyak cara yang bisa mendatangkan trafik ke blog Anda. Anda bisa melakukan berbagai macam cara secara bersamaan. Di antara cara-caranya, salah satunya adalah memaksimalkan kon-ten blog Anda. Maksimalkan konten blog Anda dengan mem-buat postingan-postingan yang berkualitas dan mengisikannya ke blog secara kontinu. Saat ini konten adalah segalanya. Artinya bila konten blog Anda bagus, maka pengunjung pun akan berdatangan, Anda cukup mendaftar di search engine terutama Google (google.com/addurl). Setelah itu, Search engine lah yang menemukan konten Anda dan mengantarkan pengunjung ke blog Anda. Anda harus memahami perilaku search engine terutama Google, di mana mereka terus-menerus me-nyempurnakan teknologinya untuk memaksimalkan pelayanan mereka dengan mengantarkan pengguna jasa search engine mereka ke postingan yang berkualitas dari kata kunci yang dimasukkan.
Blogger Profesional
Dalam membuat suatu postingan sebaiknya Anda juga membuat judul yang kira-kira akan diketik oleh seseorang di search engine. Misalnya: “Rahasia kaya-raya dengan sedekah”. “Cara membuat toko online gratis di internet”, “Rahasia menghilang kan jerawat tanpa satupun noda yang tersisa”, “Tip menjadi kaya dengan bisnis internet”. Tulislah judul yang panjang dan mengandung kata kunci yang sering diketikkan sehingga search engine akan lebih mudah menemukan postingan blog Anda.

Tip Menulis Konten Blog

1. Pilihlah tema yang sesuai.Tema yang sesuai berarti tema tersebut Anda kuasai atau setidaknya telah Anda pelajari dan bersamaan dengan itu tema tersebut juga dibutuhkan oleh banyak orang.

2. Pecahkan suatu masalah.Orang mencari informasi untuk memecahkan masalah me-reka. Mereka mengetikkan suatu kata di search engine untuk mencari solusi dari masalah mereka. Bila Anda telah berkecimpung dalam suatu hal Anda tentunya bisa me-nentukan masalah-masalah yang akan dihadapi oleh banyak orang. Misalnya, Anda seorang publisher AdSense, saat pertama kali Anda menerima cek dari Google Anda kesulitan mencairkan cek tersebut. Kesulitan ini adalah suatu masalah yang sangat mungkin akan ditemukan juga oleh orang lain. Pecahkan masalah tersebut dengan menuliskan di blog Anda tentang cara-cara yang telah Anda lakukan hingga cek tersebut bisa cair.
3. Fokuslah.Sejak menentukan tema apa yang akan Anda angkat, usahakan fokus di tema tersebut. Misalkan Anda memilih tema "make money from home”, usahakan minimal 75% postingan Anda tetap berada dalam tema tersebut.

4. Menulislah sambil belajar.
Menulis sambil belajar adalah hal terbaik agar yang di-pelajari cepat lengket di kepala. Alangkah baiknya lagi jika tulisan itu dibaca orang lain.

5. Tentukan target pembaca blog Anda.Dengan menetukan target pembaca Anda akan lebih mudah dalam menentukan topik-topik postingan yang akan di-bahas.
6. Jangan Copy-Paste.Copy-paste tentu saja tidak disukai baik oleh si pemilik tulisan asli, oleh search engine maupun pembaca, terutama yang sudah pernah membaca tulisan tersebut.

7. Mengalirlah.
Jika Anda sudah ngeblog, maka itu akan menjadi bagian kehidupan Anda. Tiap hari atau minimal seminggu sekali tentunya Anda akan mengisi postingan Anda. Oleh karena itu, lakukan dengan ketulusan dan jangan terburu-buru. Buatlah suasana ngeblog yang nyaman. Ibaratkan Anda sedang berbicara langsung dengan para pengunjung blog Anda. Dengan itu semua, kata-kata Anda akan mengalir terns dengan gaya bahasa yang santai dan lebih menyentuh ke hati pembaca Anda. Anda tidak akan pemah sulit lagi dalam menentukan kata-kata.

8. Pilihlah bahasa.Anda harus menentukan dari awal, apakah blog Anda akan ditulis dalam bahasa Inggris atau dalam bahasa Indonesia. Hal ini tentu akan berhubungan sekali dengan target pembaca Anda dan program Moneytizing yang akan Anda gunakan. Bila Anda bisa, utamakan membuat blog dalam bahasa Inggris. Hal ini mengingat ruang lingkup pembaca blog Anda akan lebih banyak dan tentu saja akan lebih banyak program Moneytizing yang bisa Anda ikuti. Namun jika Anda bemiat membuat blog dalam bahasa Indonesia, hal ini juga sangat baik karena belakangan program-program monetisasi berbasis bahasa Indonesia mulai berkembang pesat.

9. Ajaklah orang lain untuk berkomentar di blog Anda dan aktiflah dalam menanggapi setiap komentar.
Keaktifan Anda dalam menanggapi komentar akan membuat pengunjung merasa dihargai dan bisa jadi tanpa Anda mintapun mereka akan sering berkunjung ke blog Anda bahkan merekomendasikan blog Anda dengan memberikan link dari blog si pengunjung tadi.

10. Pilihlah judul postingan yang menarik dan mewakili isi postingan.Judul postingan juga sangat memengaruhi posisi blog Anda di search engine. Jadi, buatlah judul yang kira-kira akan diketikkan seseorang ketika mencari sesuatu di search engine.

11. Promosikan blog 
Anda dan lakukan teknik SEO sederhana. Secara umum cara mempromosikan blog sama dengan mempromosikan web jenis lainnya, Anda bisa membaca ini lebih lanjut di bagian promosi.

Membangun Blog Penghasil Uang (Moneytizing Blog)


Sebelum memonetisasi blog Anda yang perlu diingat adalah jangan sampai program Moneytizing mengganggu kenyamanan pengunjung blog Anda. Sedapat mungkin, Anda juga hams mencari program Moneytizing yang juga akan membantu pengunjung Anda dalam menyelesaikan masalah mereka. Pilihlah program Moneytizing yang sesuai dengan karakteristik pengunjung Anda, jangan memaksakan suatu program Moneytizing yang tidak sesuai dengan pengunjung blog Anda.

Banyak program Ads yang bisa Anda jadikan pilihan di antaranya: Iklan Ads (Indonesia atau asing), referal program, afiliasi, iklan banner berbayar, menjual merchandise, donasi sampai menjual blog itu sendiri. Contoh penjualan blog misalnya Weblogsinc.com (sebuah blog network) yang dijual ke AOL seharga $25 juta. Contoh dengan nominal lebih kecil misalnya adalah Blogherald.com yang dijual di SitePoint. Blog bisa dijual via lelang di eBay atau SitePoint.

Mulailah dengan beberapa program afiliasi, ataupun iklan ads. Setelah beberapa waktu, evaluasilah penghasilan Anda. Bila belum memuaskan, lakukan lagi evaluasi. Tentukan sebab belum maksimalnya penghasilan Anda. Anda bisa melakukan perubahan dalam program yang dipilih, posisi program dalam blog Anda, bagaimana tentang promosi blog Anda ataupun Anda bisa mengevaluasi lebih jauh tentang kualitas postingan Anda, apakah sudah bisa mendatangkan pengunjung yang banyak atau belum.

No comments:

Post a Comment